RSS Feed

Tugas Softskill Psikologi Manajemen minggu ke-1

Posted by Unknown Label:






        TUGAS PSIKOLOGI MANAJEMEN (SOFTSKILL)
                Komunikasi dan Dimensi Komunikasi

 


Di susun oleh:

Ade Nurestiana ( 10513147 )
Assilva Brena Zollyta ( 11513447 )
Elga Mutrika W. D ( 12513856 )
Indah Putri Rishaini ( 14513366 )



3PA08
Fakultas Psikologi
 Universitas Gunadarma
2015

KATA PENGANTAR


          Puji syukur kami panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas
Psikologi Manajemen (Softskill), yang berjudul komunikasi dan dimensi komunikasi tepat pada waktunya.
           
Kami menyadari bahwa makalah yang kami selesaikan ini masih jauh dari kesempurnaan. Seperti halnya pepatah “ tak ada gading yang tak retak “, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah kami selanjutnya.
            Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.  Serta kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

                                                                                               










Depok, 5 Oktober 2015


                                                                                                           

Kelompok Jingga
BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemuknnya komunikasi, komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi baik secara verbal (langsung) ataupun non-verbal (melalui media) komunikasi juga dapat berupa simbol-simbol.
2.       Rumusan Masalah
a)       Pengertian dan Teori komunikasi
b)       Dimensi-dimensi dalam Komunikasi

3.       Tujuan Masalah
Dapat memahami dan menjelaskan definisi komunikasi, dimensi-dimensi komunikasi yang meliputi Isi, Kebisingan, Jaringan dan Arah.


BAB II
PEMBAHASAN

A.     Komunikasi

-          Definisi Komunikasi
            Untuk memulai pembelajaran tentang teori-teori komunikasi, kita berahli sejenak untuk mendefinisikan komunikasi tidaklah mudah untuk didefinisikan.
Theodore clevenger jr.mencatat bahwa” masalah yang sela ada dalam mendefinisikan komunikasi unt tujuan-tujuan penelitian atau ilmiah berasal dari fakta bahwa kerja ’berkomunikasi’ memiliki posisi yang kuat dalam kosakata.frank dance mengambil sebuah langkah besar dalam mengklarifikasi konsep kasar ini dengan menggarisbawahi sejumlah elemen yang digunakan untuk membedakan komunikasi ia mendapakan tiga poin dari “perbedaan koseptual yang penting” yang membentuk dimensi-dimensi dasar komunikasi.dimensi yang pertama adalah tingkat pengamatan atau keringkasan.
Beberapa definisi termasuk luas dan bebas;yang lainnya terbatas. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

-          Komunikasi menurut para ahli :

1.      Onong Uchjana Effendy
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).Analisis Pengertian Komunikasi Dan 5 (Lima) Unsur Komunikasi Menurut Harold Lasswell Sat, 10/11/2007 – 6:54pm — Rejals Analisis Definisi Komunikasi Menurut Harold Lasswell.Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960)

2.      Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

3.      Robert T. Craig
“Komunikasi bukanlah fenomena kedua (sampingan) yang dapat dijelaskan oleh ilmu-ilmu yang lebih dulu populer dan diakui seperti faktor psikologi, sosiologi, budaya, dan ekonomi. Tetapi, komunikasi sendiri sebenarnya adalah primer (utama) yang merupakan proses sosial yang menjelaskan faktor-faktor yang lain tersebut”.Craig menyarankan bahwa kita harus memindahkan prinsip yang sama ke tingkatan yang lain. Teori adalah bentuk khusus dari komunikasi. Sehingga teori membentuk pengalaman komunikasi. Teori berkomunikasi tentang komunikasi. Hal inilah yang dimaksud sebagai metadiscourse oleh Craig. Teori yang berbeda adalah cara berkomunikasi yang berbeda pula, dengan kata lain masing-masing bentuk memiliki batasan dan kuasa sendiri-sendiri. Untuk kepentingan pengamatan di dalam satu bidang, kita harus mengenal kekuatan konstitutif dari teori yang ada dan mencoba menemukan satu cara mufakat dalam memahami untuk apa ada teori yang berbeda-beda dan bagaimana perbedaannya.Craig menuliskan bahwa seluruh teori komunikasi yang ada benar-benar praktis karena setiap teori adalah respon terhadap beberapa aspek komunikasi yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Setiap teori berusaha mempraktekkan bentuk-bentuk komunikasi yang ada. Jadi, dialog di dalam bidang itu, dapat difokuskan pada apa dan bagaimana teori-teori yang bervariasi itu menunjuk kepada dunia sosial dimana manusia hidup. Craig mendeskripsikan 7 hal pokok yang kemudian dianggap sebagai tujuh tradisi dalam teori komunikasi, yaitu : 1.) Retorika, 2.) Semiotis, 3.) fenomenologi, 4.) sibernetis, 5.) Psikologi sosialis, 6.) Sosiokultur, dan 7.) Kritis.

B.     Dimensi Komunikasi

1.      Isi
Dimensi isi disandi secara verbal, sementara dimensi hubungan disandi secara nonverbal. Dimensi isi menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan.Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan, sedangkan dimensi hubungan merujuk kepada unsur-unsur lain, termasuk juga jenis saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut.
2.      Kebingsingan
Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.
3.      Jaringan
Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung  pada (jaringan satelit).
4.      Arah
Komunikasi dalam konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah merupakan satu orang memberikan informasi kepada orang lainnya tanpa ada timbal balik, sedangkan komunikasi dua arah merupakan komunikasi dimana satu orang memberikan informasi ke orang lain, dan orang lain juga memberikan informasi, sehingga terjadi pertukaran informasi diantara keduanya.

 
Daftar Pustaka


·         Buku Teori komunikasi,STEPHEN W.LITTLEJOHN, KAREN A.FOSS
·         Munandar, Ashar Sunyoto. 2008. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
·         Effendy,Onong,  Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.


0 komentar:

Posting Komentar